Samsung Rilis Memory Card UFS Pertama

Samsung baru saja mengumumkan perilisan memory card tipe baru, UFS Card, yang merupakan standar baru untuk media penyimpanan kencang. Produk dari Samsung ini merupakan UFS Card pertama di dunia, dan disebut disiapkan untuk mengakomodasi kebutuhan di perangkat mobile shooting. UFS Card ini sendiri disebut bisa menawarkan performa sekelas SSD di ukuran yang ringkas, dengan menggunakan standar Universal 1.0 Card Extension.

Samsung UFS Card

UFS Card ini disebut akan cocok digunakan di kamera DSLR, kamera 3D untuk VR, action cam, dan drone untuk kebutuhan perekaman video resolusi tinggi. Klaim bahwa UFS Card cocok untuk kebutuhan tersebut datang dari kemampuan yang diusungnya. Selain itu, kapasitasnya yang besar, 256 GB untuk varian awal, juga akan cocok untuk menampung konten-konten dengan ukuran file besar tersebut.

Varian 256 GB dari UFS Card besutan Samsung ini diklaim bisa menawarkan kecepatan tulis hingga 170 MB/s. Sementara untuk kecepatan baca, UFS Card ini disebut menawarkan kecepatan sekelas SSD, di kisaran 540 MB/s. Kecepatan yang ditawarkan tersebut berada di atas MicroSD terkencang yang ada saat ini.

Nantinya, UFS Card ini juga akan tersedia dalam kapasitas 128 GB, 64 GB, dan 32 GB. Hanya saja, untuk UFS Card ini, karena ini merupakan standar baru, untuk saat ini belum ada perangkat yang mendukung penggunaannya. Bisa jadi, rilis card ini dari Samsung menandakan bahwa ke depannya mereka akan mulai mengadopsi card ini sebagai standar di perangkat besutan mereka.

 

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *