Teddy Yusup: Mengawal Transformasi Digital di MNC Bank

teddy-y-mnc

teddy-y-mnc

“Dengan masuk ke konsep digital banking, kami bisa lebih berkompetisi di area inovatif di sisi teknologi,” jelas Teddy Yusup, Information Technology Group Head, MNC Bank

Transformasi digital tengah marak dibicarakan maupun dilakukan berbagai sektor industri di Indonesia, termasuk perbankan, tak terkecuali MNC Bank. Bagaimana Teddy Yusup mengawal perjalanan perusahaannya menuju era digital banking?

Seandainya astronot boleh berkacamata, Teddy Yusup mungkin sekarang tengah asyik menyingkap rahasia jagat raya. Namun takdir berkata lain, saat ini Information Technology Group Head MNC Bank ini sedang melakukan hal yang tak kalah asyiknya, yaitu mengeksplorasi jagat digital, terutama di bidang perbankan.

Mengadopsi konsep bank digital diakui Teddy sebagai sebuah agenda wajib bagi bank yang baru berumur sekitar dua tahun itu. “Dengan masuk ke konsep digital banking, kami bisa lebih berkompetisi di area inovatif di sisi teknologi,” jelas pria yang sudah lebih dari sepuluh tahun menekuni teknologi informasi perbankan itu. Digital banking, menurut Teddy, akan memampukan MNC Bank berkompetisi tanpa harus mengandalkan banyaknya jumlah kantor cabang atau mesin ATM.

Proses transformasi digital tentu bukan pekerjaan semalam, dan Teddy Yusup harus memulainya dengan mengubah cara pandang tentang teknologi informasi (TI). “Kami memosisikan TI sebagai pemberdaya atau enabler, dan juga sebagai business partner,” papar bapak dua anak ini.

TI bukan sekadar pengikut dan pendukung tetapi sebagai mitra berdiskusi dan bertukar pikiran bagi bisnis. “Sekarang ini bisnis dan teknologi tidak lagi bisa dipisahkan. Kalau kita ingin bisnis semakin maju, kita harus andalkan teknologi. Sementara teknologi sendiri harus ada arahnya. Arahnya apa? Ya perkembangan bisnis [perusahaan] itu sendiri,” tegas Teddy.

Khususnya di era digital ini, divisi TI perbankan, menurut Teddy,  seharusnya menjalankan peran “change the bank”, bukan hanya “run the bank”. Untuk menjalankan peran change the bank dari sisi teknologi, Teddy menyiapkan satu tim baru di bawah divisi TI, yakni IT Business Partner.

“Jadi memang harus ada peran [dari group TI] yang benar-benar mendukung dari sisi transformasi itu sendiri,” jelas profesional TI yang pernah melabuhkan karier di BCA, Citibank, ABN Amro, RBS, dan ANZ ini.

Tim yang baru dibentuk pada tahun lalu itu diharapkan dapat mengkombinasikan dan mengintegrasikan kebutuhan atau keinginan dari departemen bisnis ke dalam satu sistem atau aplikasi, dan teknologi sehingga dapat melakukan penetrasi pasar yang lebih luas.

Digitalisasi, Ruang Tanpa Batas

Membenahi manajemen teknologi informasi adalah langkah lain yang ditempuh Teddy Yusup untuk bertransformasi menuju digital banking. Bagi Teddy, digitalisasi menciptakan lingkungan yang tanpa batas. “Kita sendiri yang harus men-set batasan-batasan itu. Dan kami men-set ada sepuluh manajemen risiko TI untuk kami terapkan. Salah satunya adalah information security management,” ungkap pria kelahiran Cirebon itu.

Sementara itu dari sisi infrastruktur, bank konvesional saja sudah mensyaratkan infrastruktur yang harus always on. Apalagi ketika bank bergerak ke arah digital. “Kami harus bisa mengantisipasi pertumbuhan transaksi dan meningkatkan response time. Selain itu kami juga harus memastikan data center up 24 x 7 dan DRC (disaster recovery center) selalu standby serta [dalam kondisi] teruji,” papar Teddy.

Setiap bank mungkin memiliki konsep yang berbeda tentang digital banking. Bagi MNC Bank, menurut Teddy, digital banking berarti mengintegrasikan seluruh electronic channel yang ada, memperkaya dan mengintegrasikannya dengan media baru, semisal social media, dan memperbanyak aplikasi mobile atau mobile apps.

Oleh karena itu aplikasi yang tengah dibangun timnya pun kebanyakan mengarah ke platform mobile applications. Hal ini tentu tak lepas dari target market yang ingin disasar MNC Bank, di mana salah satunya adalah Gen Y yang sangat akrab dengan teknologi mobile.

Maraknya bisnis dan layanan perbankan yang ditawarkan oleh startup berkonsep fintech (financial technology) tidak membuat Teddy Yusup merasa terancam. Menurutnya, justru kemunculan fintech startup membuatnya makin sadar bahwa di masa depan, perbankan tidak bisa hanya mengandalkan layanan konvensional.

Layanan perbankan terintegrasi yang kemudian dihantarkan melalui kanal-kanal jenis baru, misalnya kanal berbasis mobile, akan menjadi satu keunggulan perbankan atas fintech. Dan bukan suatu hal yang mustahil untuk melakukan sinergi juga dengan fintech.

Antara Astronot, TI, dan Bisnis

Pernah bercita-cita menjadi astronot di masa kecil, Teddy Yusup mantap berkarier di bidang teknologi informasi. Alasannya karena ia melihat kekuatan teknologi yang dapat mengubah berbagai hal, antara lain cara manusia berinteraksi dan bersosialisasi. Ia juga banyak belajar bagaimana teknologi dapat memberi manfaat, atau justru merusak.

Padahal di sisi lain, sebagai orang TI, ia seolah tidak memiliki jam kerja. “Harus standby setiap saat,” ujar pria yang hobi membaca ini. Satu pelajaran yang ia petik dari pengalaman yang sudah belasan tahun adalah orang TI harus dapat menyelesaikan masalah dengan baik dalam waktu singkat.

Meskipun terlahir di tengah lima bersaudara yang sebagian besar adalah wirausahawan, sarjana teknik informatika lulusan Universitas Bina Nusantara ini mengaku ragu apakah dirinya memiliki jiwa bisnis. Kalau pun ada, ia cenderung menyalurkannya sebagai pemberi jasa konsultasi di bidang teknologi informasi karena masih banyak perusahaan yang belum memanfaatkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya.

Aktivitas ini sempat dilakoninya beberapa saat tapi lantas ia tinggalkan untuk sementara waktu. “Untuk sementara saya nggak fokuskan ke sana karena  mengingat sisi pekerjaan dan profesionalitas yang harus saya pertanggung jawabkan [di MNC Bank],” jawab Teddy. Dan untuk saat ini, profesionalitas mengawal MNC Bank ke era digital itulah yang harus ia tunjukkan.

InfoKomputer Online

8 thoughts on “Teddy Yusup: Mengawal Transformasi Digital di MNC Bank

  1. Great work! This is the kind of information that are supposed to be
    shared around the net. Shame on Google for no longer positioning this put up higher!

    Come on over and discuss with my web site . Thanks =)

  2. I do not know if it’s just me or if perhaps everyone else encountering problems with your website.
    It seems like some of the written text in your posts are running off the screen. Can somebody else please provide feedback and
    let me know if this is happening to them too?
    This might be a problem with my web browser because I’ve had this happen before.

    Cheers adreamoftrains best web hosting company

  3. It’s truly very complicated in this full of activity life
    to listen news on Television, so I only use internet for
    that reason, and get the most recent news.

  4. you are actually a good webmaster. The web
    site loading speed is incredible. It seems that you are doing any
    unique trick. Also, The contents are masterpiece. you have performed
    a great activity on this matter!

  5. Hey There. I found your blog using msn. This is a
    really well written article. I will make sure to bookmark it and return to read more of your
    useful information. Thanks for the post. I will certainly return.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *