VR Tidak Akan “Meledak” Tahun 2017

Tren menikmati konten dengan virtual reality terlihat berkembang pesat di tahun 2016 ini. Hal itu berdampak baik bagi produsen headset, seperti HTC dan Oculus yang menghadirkan headset VR untuk PC, serta Sony yang menghadirkan headset VR untuk console mereka, PlayStation 4. Namun, berdasarkan prediksi analis, penjualan headset VR tidak akan melonjak tinggi di tahun 2017 mendatang.

oculus-rift-vr-headset

Masih Jadi Tren Populer

VR disebut masih akan jadi tren populer di tahun 2017 mendatang. Namun, hal itu bukan berarti HTC, Oculus, dan Sony bisa merasakan dampaknya secara langsung dari peningkatan penjualan headset VR kreasi mereka. Ketiganya disebut hanya akan mendapatkan sedikit peningkatan penjualan dibandingkan tahun 2016 ini.

Berbagai Keterbatasan Jadi Penghambat

Tidak “meledaknya” VR di tahun 2017 ini disebabkan karena berbagai keterbatasan yang ada di dunia VR, termasuk dari sisi hardware maupun software. Dari sisi hardware, komponen yang digunakan untuk produksi headset VR, terutama layar, tidak bisa ditingkatkan jumlah produksinya dalam waktu dekat ini. Sementara dari sisi software, jumlah software yang mendukung VR diprediksi masih belum akan meningkat pesat.

Keterbatasan itu sendiri bukan hal baru bagi produsen perangkat headset VR. Hal yang sama juga menjadi penghambat mereka tahun 2016 ini, sehingga mereka tidak bisa mendorong penjualan headset VR mereka ke pasar-pasar baru, yang belum mereka jangkau sebelumnya. Belum diketahui sampai kapan keterbatasan ini akan menghambat pasar VR, juga apakah nantinya keterbatasan ini akan menghambat perkembangan VR ini sebelum benar-benar menjadi yang dicari oleh masyarakat luas.

Jagat Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *