wacom vs huion vs yiynova di era digital painting

seiring berkembangnya era digital painting. maka berkembang pula gadget maupun tool yang mendukungnya.

Digital painting adalah suatu bentuk seni yang muncul dimana teknik melukis tradisional seperti cat air, minyak, impasto, dll diterapkan secara digital dengan komputer, tablet dan stylus (Pen tablet), dan software. Sebaliknya traditional painting adalah lukisan dengan media fisik.

Sekilas Tentang Digital Painting

Digital painting berkembang pesat terutama di production art. Sering digunakan dalam desain konseptual untuk film, game, dan video. Ada berbagai software yang dapat digunakan, seperti Corel Painter, Adobe Photoshop, ArtRage, GIMP, dan openCanvas. Tapi kali ini kita akan belajar painting menggunakan Adobe Photoshop.

Digital painting membutuhkan pen tablet, seperti wacom, huion, yiynova, genius, dsb. Dan yang sering digunakan adalah brush tool dari tahap sketch sampai akhir.
Di photoshop ada yang namanya Tablet pressure controls opacity (tekanan pen tablet mengatur opacity) dan Tablet pressure controls size (tekanan pen tablet mengatur ukuran brush) yang akan sangat berguna dalam proses digital painting.

Fungsi PC dan software dalam digitalisasi painting ini awal sebenarnya untuk memperbaiki dan kualitas saja, artinya sketsa awal dilakukan pada kertas, hanya pewarnaan dan finishing touch aja  yang dilakukan dengan komputer. Namun setelah software aplikasi semakin berkembang, penggiat desain grafis akhirnya menggunakan teknologi komputer dari awal sampai akhir.

keunggulan painting dengan komputer ini diantaranya :
1. mudah dibuat, mudah dihapus
2. berbiaya murah, tidak usah membeli kanvas dan cat, kalo mau dipajang hasilnya tinggal dicetak.
3. mudah disimpan dan tidak rusak
4. objek yang dibuat dapat diedit, dan digunakan kembali untuk grafis yang lain sebagai pengembangan ide kreatif.

Akhirnya urusan lukis-melukis atau painting ini lebih berkembang di area digital, yang disebut dengan digital painting !

Free-Digital-Painting-header-image smudge_painting_jokowi_by_rgl4rt-d7ib3uz

ada beberapa pilihan yang mempermudah kita dalam mengerjakannya tanpa menggunakan mouse

dengan menggunakan graphic tablet atau pen tablet atau interactive pen display

dibawah beberapa merk pilihan yang bisa digunakan :

  1. wacom

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=Qz8f-3HQN4U”]

2. huion

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=fNpLygCMF6o”]

3. yiynova

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=gmRqGCp48rE”]

 

pilihan tergantung ke masing masing selera, urutan diatas mulai dari yang termahal hingga yang termurah. semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, terutama di indonesia untuk ketiga merk tersebut di atas yang sudah memiliki garansi indonesia adalah wacom, barusan huion juga memiliki garansi karena telah masuk di indonesia

selamat berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *