Akan Dilantik, Cak Imin Ziarah ke Makam Taufiq Kiemas

Liputan6.com, Jakarta – Didampingi sejumlah staf, Muhaimin Iskandar berziarah ke makam mantan Ketua MPR, Taufiq Kiemas, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Ziarah ini dilakukan menjelang pelantikan Cak Imin sebagai Wakil Ketua MPR.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Senin (26/3/2018), usai berziarah, Cak Imin juga menyampaikan niatnya di depan makam Taufiq Kiemas untuk menjadi cawapres mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Selain itu, Cak Imin optimistis bisa mendampingi Jokowi.

“Kita kan sejak awal bersama Pak Jokowi bareng, yang mengusung, memenangkan, dan mengawal pemerintahan dari hari ini hingga tahun 2019. Tentu ada chemistry kebersamaan yang terus terbangun,” ujar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Sementara itu, sejumlah tokoh memang digadang-gadang untuk menjadi cawapres Jokowi. Bahkan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan 12 nama sebagai cawapres Jokowi.

Selain dari kalangan politikus, tokoh masyarakat dan pengusaha, 12 nama yang disodorkan PSI di antaranya adalah adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dua belas nama yang digadang itu didapat PSI setelah melakulan survei di tingkat kecamatan, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia selama kurun waktu dua bulan. Nama-nama tersebut nantinya akan diserahkan PSI  ke Jokowi sebagai bahan pertimbangan.