Di Forum G20, Sri Mulyani Bahas Perang Dagang, Uang Digital hingga Robotisasi

Topik kelima yang menjadi bahasan penting forum G20, yakni arsitek keuangan global dan kerja sama perpajakan internasional. Fokusnya kali ini adalah transparansi perpajakan dan pajak untuk ekonomi digital.

OECD diharapkan menyampaikan rekomendasi kebijakan yang akan dilakukan secara bersama dalam menghadapi era digital ekonomi. Semua negara menghadapi hal yang sama, yakni digitalisasi ekonomi .

Akan tetapi, ancaman dari segi perpajakan, terjadi erosi basis pajak dan kompleksitas penetapan di mana nilai tambah terjadi. Juga telah terjadi persaingan tidak adil antara perusahaan digital dan konvensional, termasuk dalam perlakuan pajak.

“Semua Menkeu di dunia menghadapi tekanan tidak mudah, yaitu tantangan teknis dan politis bagaimana memperlakukan pajak yang adil dan efektif terhadap ekonomi digital dan e-commerce,” kata Sri Mulyani, seperti diunggah dalam akun Facebook-nya.

Indonesia memperjuangkan posisi agar negara berkembang seperti Indonesia dapat memperoleh hak pajak yang adil dari perusahaan-perusahaan digital, baik yang beroperasi global, contohnya Facebook, Google, Twitter, Amazon, Lazada, Uber, Grab, dan lainnya.

Sumber pajak dan kewajiban pajak ditentukan bukan oleh lokasi kantor pusat atau cabang, tapi oleh significant economic presence.

Topik terakhir, mengenai kerja sama dalam memerangi kejahatan pencucian uang dan pendanaan terorisme. Kerja sama ini diwadahi forum Anti Money Laundering and Financial Action Task Force (AML-FATF) untuk melawan tindak kejahatan terorisme dan kejahatan korupsi, perdagangan ilegal yang berbuntut pada upaya pencucian uang lintas negara.

Indonesia bekerja sama dengan KPK dan PPATK, serta penegak hukum seperti Kejaksaan dan Kepolisian untuk memerangi kejahatan tersebut.

Dalam forum global tersebut, peranan Indonesia untuk ikut serta memperjuangkan kepentingan dan posisi Indonesia dan negara berkembang lainnya sangat penting. Dengan demikian, dalam menetapkan kebijakan dan aturan global, Indonesia tidak dirugikan.