Dua Cuitan Sindiran Rizal Ramli Menyasar Sri Mulyani, 'Sono Ngeband dan Selfie Lagi Nih'

TRIBUN-MEDAN.COM – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Rizal Ramli menuliskan sindiran kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Dilansir dari akun Twitter pribadinya @RamliRizal, cuitan itu ia tuliskan, Senin (26/3/2018).

Rizal Ramli yang pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuliskan kritikannya kepada Sri Mulyani selama menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Susiio Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2006-2010.

Saat itu, Sri Mulyani menyepakati penerbitan utang kepada asing dengan bunga lebih tinggi sekitar dua persen.

Ia menyebut negara mengalami kerugian akibat keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang tak bisa menegosiasikan bunga utang menjadi lebih murah.

Hal ini membuat bunga utang yang diperoleh Indonesia tinggi dan penerimaan pajak yang didapat dari masyarakat banyak disedot untuk membayar bunga utang tinggi.

Akibatnya, negara mengalami kerugian sebanyak 130 triliun rupiah.

Terkait hal itu, menteri keuangan di era Presiden Abdurrahman Wahid itu menyebut, bahwa Sri Mulyani tidak prudent dan kriminal.

Bahkan, Rizal Ramli meminta agar utang bunga tersebut ditukar dengan utang bunga murah.

“SMI jadi Menkeu SBY, 2006-2010 terbitkan surat utang $43 milyar dgn bunga 2% ketinggian. Kerugian negara sekitar Rp 130an Trilliun.? Itu tidak prudent dan kriminal. Agar SMI tanggung jawab, tolong utang bunga mahal tsb. ditukar dgn utang bunga murah ,” tulisnya.