Golkar Pertimbangkan Perempuan Jadi Cawapres Jokowi

Ilustrasi. RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Politisi Partai Golkar, Sarmuji, mengakui pihaknya belum menyerahkan nama untuk diajukan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019.

“Kita hanya bisa beri saran dan masukan kira-kira siapa figur yang cocok untuk mendampingi Jokowi,” ujar Sarmuji di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Menyinggung adanya figur dari kalangan perempuan sebagai penyumbang kemenangan bagi Jokowi, Sarmuji mengklaim kaum perempuan sudah memberikan dukungannya terhadap petahana capres tersebut.Namun, jika untuk menjadi cawapres, hal itu akan dipertimbangkan.”Kalau pilihan berbasis gender enggak relevan. Dukungan kaum, perempuan ke Jokowi sudah cukup tinggi. Tapi kalau arahnya kesana ya diawali diskusi parpol,” katanya.Kendati demikian, Sarmuji tak menampik adanya keterwakilan perempuan dalam koalisinya. Namun menurutnya, harus memenuhi tiga hal.Pertama, harus menopang elektabilitas Jokowi. Kedua, mempunyai basis politik sehingga kerja pemeirntah relatif terjaga. Ketiga, pendamping Jokowi harus bisa menjawab tantangan kedepan. “Masih masalah ekonomi. Bagaimana pengangguran dikurangi, pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, lapangan pekerjaan bertambah dan lainnya,” ungkapnya.Adapun nama wakil perempuan yang masuk bursa cawaprws Jokowi di antaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko PMK Puan Maharani.”Saya kembali ke ketiga kriteria, jelas sekali siapa ya g diambil Jokowi kita konsultasikan ke parpol pendukung dan berembuk. Pilihan akhir ada di Pak Jokowi,” tandasnya.

Editor: Taufiqurrohman