Ini 12 Calon Pendamping Jokowi Versi PSI

LAMPUNG POST | Ini 12 Calon Pendamping Jokowi Versi PSI Ketua Umum PSI Grace Natalia (kanan) mengumumkan 12 calon pendamping Presiden Jokowi pada Pilpres 2019. (Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo)

JAKARTA (lampost.co) — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan 12 tokoh yang akan diusulkan menjadi pendamping Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019. Pemilihan tersebut bedasarkan polling yang digelar PSI.

Polling itu menyasar kepada masyarakat dan pengurus PSI. Jajaran dari pusat PSI sampai kecamatan berkomunikasi intensif dengan masyarakat, organisasi masyarakat (ormas), dan partai politik.

“Wakil presiden yang kami usulkan berdasarkan dari masyarakat. Pada dasarnya PSI serahkan kepada Pak Jokowi,” kata Ketua Umum PSI Grace Natalia dalam jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Menurut dia, pemilihan tersebut berdasarkan aspek profesionalitas dan elektabilitas. Hasil ini diharap dapat membantu Jokowi menginventarisasi orang-orang terbaik untuk mendampinginya kelak.

Ke-12 nama itu yang terdiri dari berbagai kalangan politikus, pengusaha, purnawirawan TNI, hingga tokoh organisasi masyarakat. Tokoh ini meliputi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto, pengusaha Chairul Tanjung, dan mantan Ketum PP Muhammdiyah Din Syamsuddin.

Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mantan Ketua MK Mahfud MD, pakar e-commerce Nadiem Makarim, dan pengusaha Rusdi Kirana juga masuk dalam daftar. Ada pula Ketua PBNU Said Aqil Siroj, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

Namun, nama-nama itu masih belum pasti. PSI masih meminta masukan masyarakat dan yang ditargetkan selesai satu bulan lagi.