Ini Calon Pendamping Joko Widodo Pilihan PSI

JAKARTA, NNC – Partai Solidaritas Indonesia ( PSI)  12 tokoh yang dianggap cocok mendampingi Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2019mendatang.

Ketua Umum PSI Grace Natalie, Minggu (25/3/2018) di Kantor DPP PSI, mengatakan partainya telah menjaring  12 nama untuk diusulkan menjadi pendamping Jokowi. Yakni,Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Mantan Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Kordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Kepala staf Kepresidenan Jenderal Purnawirawan Moeldoko, Mantan Ketua MK Mahfud MD.

Selain itu, ada juga CEO Gojek Nadiem Makarim, Dubes Indonesia untuk Malaysia Rusdi kirana, Ketua PBNU Said Aqil Siradj, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Ketua Umum GP Ansor Yakut Cholil Qoumas yang dianggap pantas mendampingi Jokowi sebagai cawapres.

Kata Grace,  nama-nama ini bukan diperoleh dari hasil survei atau focus group discussion. Nama-nama tokoh tersebut diperoleh dari komunikasi politik yang dilakukan kader-kader PSI dengan masyarakat di berbagai daerah. Jadi nama-nama tersebut muncul berdasarkan  usulan atau masukan dari masyarakat.

“Kami kaji nama-namanya sejak awal. Nama yang kami tampilkan bukan daftar fixed, bisa bertambah atau berkurang,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Sekretaris Jendral PSI Raja Juli Antoni Toni  menyatakan, semua rekomendasi dari mereka diserahkan sepenuhnya kepada Jokowi agar dapat memilih latar belakang cawapres yang dibutuhkan.

“Apakah diterima atau tidak, itu bergantung Jokowi. PSI hanya menginventarisir. Pemimpin dari eks militer ada. Kalau dipilih dari ormas, ada. Politisi, ada,” ujar dia.