Pantun Pujian Ketua DPR ke Sri Mulyani, 'Hanya Satu yang Memikat Hati'

Sumber

JAKARTA – Momen unik terjadi pada acara peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) 2018 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan penghargaan dan memuji Sri Mulyani Indrawati yang dinilainya sebagai salah satu menteri perempuan terbaik di kabinet kerja.

BERITA TERKAIT +

 Baca Juga: Sri Mulyani Sedih Pimpinan DPR Tidak Ada Perempuan

Pujian itu juga didasari sederet prestasi Sri Mulyani. Apalagi belum lama ini mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu terpilih sebagai menteri terbaik dunia dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab. Yang unik, pujian kepada Ani ditunjukkan Bamsoet melalui sebait pantun di akhir sambutannya.

Seribu ekonom berjumpa di Bali,

Bagai gelatik berwarna-warni.

Tapi hanya satu yang memikat hati,

Itulah dia Sri Mulyani.”

Pantuan itu pun mendapat sorakan dan para tamu yang hadir. Sedangkan Sri Mulyani tampak tersenyum mendengar pujian itu.

 Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Sri Mulyani: Peranan Wanita Buat Dunia Seimbang dan Damai

Dalam pidatonya, Bamsoet menuturkan bahwa kesetaraan gender bukanlah isu perempuan semata, melainkan isu sosial dan kemanusiaan dalam artian yang lebih luas. Kesetaraan gender merupakan gerakan global dimana laki-laki dan perempuan harus sama-sama dilibatkan.

Keseteraan gender, kata dia, meliputi hak manusia yang paling mendasar, yaitu hidup tanpa diskriminasi. Bamsoet menjelaskan, dalam menjalankan fungsi legislasi DPR turut melindungi kaum perempuan.

Pembentukan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan perlunya pemberdayaan perempuan dan Undang-Undang tentang Kesehatan untuk menjamin kesehatan reproduksi perempuan dikemukakannya merupakan contoh nyata peran DPR dalam melindungi perempuan.

Tak hanya itu, saat ini DPR juga tengah membahas RUU tentang Penghapusan Kekerasan Seksual. DPR disampaikan Bamsoet juga telah membentuk Kaukus Perempuan Parlemen dan Kaukus Politik Perempuan Indonesia untuk mempromosikan serta mendorong pencapaian kesetaraan dan keadilan gender.

Hadir dalam acara ini Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjadi keynote speaker, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Nurhayati Ali Assegaf serta para anggota DPR.

Selain itu, hadir pula para Duta Besar Negara Sahabat, antara lain Meksiko, Kanada, Bangladesh, Spanyol, Yordania, Panama, Serbia, Cekoslovakia, Yaman, Palestina, Irak, Myanmar, Rusia.

(dni)