Pedagang Tolak Pindah ke Timur Dukuh Pipa

BOYOLALI, suaramerdeka.com– Ratusan pedagang Pasar Candirejo atau dikenal  Pasar Pengging, Kecamatan Banyudono mendatangi Kantor Bupati Boyolali, Senin (19/3) kemaran. Mereka minta pemindahan pasar ke timur Dukuh Pipa, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono diurungkan. Pedagang khawatir omzet jualan merosot.

Para pedagang memasang sejumah spanduk bernada penolakan di kompleks Kantor Setda Terpadu. Aksi para pedagang ini mendapat pengawalan ketat dari polisi. Akhirnya, 11 wakil pedagang diterima Wabup M Said Hidayat untuk audiensi.

Dalam audiensi di ruang Sadewa, perwakilan pedagang diminta menyampaikan aspirasinya secara terbuka.  Hadir pula dalam pertemuan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), Karsino, Camat Banyudono, Wagino dan beberapa pejabat lainnya.

Menurut Datik (51), salah seorang pedagang, dirinya tak bisa membayangkan jika pasar dipindah ke lokasi yang jauh dari lokasi  saat ini. Dikhawatirkan, pembeli bakal sepi sehingga pendapatan pun makin menurun.

‘’Pasar Pengging itu sumber nafkah keluarga kami, masa depan kami di situ. Pendapatan bisa untuk bayar utang, membiayai anak sekolah dan kebutuhan lainnya,’’ ujarnya.

Kurang Representatif

Menurut dia, saat ini pedagang baru mulai mapan berjualan, setelah penataan selepas renovasi Pasar Pengging, beberapa tahun silam. ‘’Dalam hati kami menangis, masih bisakah ramai seperti sebelumnya karena pembeli berkurang.’’

Sri Mulyani (48), pedagang lain mengaku tak keberatan jika Pasar Pengging jadi direlokasi. Namun lokasi di timur Dukuh Pipa dinilai kurang representatif. Dia justru menilai, lokasi yang pas adalah di sisi timur pasar saat ini. ‘’Menurut kami tetap di timur pasar, nanti pemerintah bisa membuat jalan baru ke sana.’’

Wabup meminta seluruh perwakilan pedagang, Camat dan Kades Dukuh dan peserta audiensi untuk tetap menjaga suasana kondusif.  Pemkab menjamin, tidak menelantarkan masyarakat, utamanya para pedagang Pasar Pengging. ‘’Yang lebih penting, kami meminta masyarakat Pengging tetap menjaga suasana sejuk.’’

Diungkapkan, lokasi relokasi sebenarnya sudah melalui kajian mendalam. ‘’Lokasi yang paling memungkinkan, ya di sebelah timur Dukuh Pipa. Namun, persoalan ini tetap akan kami sampaikan kepada Bupati,’’ tandasnya.

(Joko Murdowo /SMNetwork /CN40 )