PKS: Demokrat Tawarkan AHY sebagai Cawapres

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Mardani Ali Sera memprediksi Partai Demokrat akan merapat ke koalisi yang dibentuk oleh Gerindra, PKS dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Mardani mengatakan, belakangan PKS telah menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat.

“Masih ada kesempatan merapat ke PKS dan Gerindra. Masih 50-50,” ujar Mardani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Pekan Depan, Gerindra, PKS, PAN Umumkan Koalisi Pilpres 2019

“Kami sudah bertemu Demokrat. Pak Prabowo juga sudah bertemu Demokrat. Tentu masing-masing punya harapan. Ada cawapres, ada yang lain-lain,” ucapnya.

Menurut Mardani, dalam komunikasi tersebut Demokrat menawarkan Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai calon wakil presiden.

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (19/8/2017).KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (19/8/2017).

Artinya, Demokrat akan siap berkoalisi jika koalisi memutuskan untuk mengusung AHY sebagai cawapres pendamping Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

Baca juga: Politisi PAN: Duet Prabowo-AHY Akan Sulit Terwujud

“Selama mas AHY diterima, siap katanya. Bargainnya mas AHY, kalau mas AHY diterima cawapres,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan dirinya tengah mempertimbangkan AHY sebagai calon wakil presiden.

Hal itu dia ungkapkan saat ditanya soal pertemuannya dengan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan pada Kamis (5/7/2018) lalu.

Baca juga: Demokrat: SBY dan Airlangga Bahas Potensi Poros di Luar Jokowi dan Prabowo

Menurut Prabowo, AHY merupakan sosok yang dapat menarik pemilih-pemilih muda di bawah usia 45 tahun.

Kendati demikian, Prabowo belum memutuskan apakah AHY akan mendampinginya sebagai cawapres pada Pilpres 2019 mendatang.

Prabowo mengatakan, saat ini seluruh opsi sosok cawapres masih harus dibicarakan dengan mitra koalisi Partai Gerindra, yakni PKS dan PAN.

Baca juga: Sekjen Demokrat Akui Golkar Ajak Gabung ke Koalisi Jokowi

Selain AHY, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno juga dipertimbangkan sebagai cawapres.

“Saya sampaikan ke Pak Syarief Hasan, kami tidak ada masalah, kami welcome tapi karena saya sudah terlanjur bekerja sama erat dengan PKS dan PAN berarti kkami harus perlu ada konsensus karena kami ingin suatu koalisi yang kuat ke depannya,” kata Prabowo.

Kompas TV SBY menyebut Demokrat akan menjadi game changer.


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:30 Stack trace: #0 /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(648): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home2/corongid...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 30