PSI Jaring 12 Nama Cawapres Pendamping Jokowi, Ada Mahfud MD Hingga Moeldoko

Home / News / National

PSI Jaring 12 Nama Cawapres Pendamping Jokowi, Ada Mahfud MD Hingga Moeldoko

Senin, 26 Mar 2018 08:47 WIB
Redaktur: Nicky Aditya
Reporter: Aristo Setiawan

single-post

Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Anies Baswedan. (Ryana KRICOM)

KRICOM – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak bisa mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Pasalnya mereka merupakan partai baru, dan belum memiliki wakil di parlemen.

Meski begitu, partai yang dipimpin oleh Grace Natalie ini sudah menyatakan dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai capres. Tidak cukup di situ, mereka juga menyiapkan 12 nama cawapres pendamping Jokowi.

Dari ke-12 nama itu, terdapat berbagai tokoh dengan berbagai latar belakang berbeda. Adapun di antaranya muncul nama Kepala Staf Presiden, Moeldoko dan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Selain dua nama itu, muncul nama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto; Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD dan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin.

Kemudian muncul nama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), Said Aqil Siradj; Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, dan pengusaha sukses yakni Chairul Tanjung, Nadiem Makarim, serta Rusdi Kirana.

Sekjen PSI, Raja Juli Antoni mengakui soal 12 nama sebagai cawapres pendamping Jokowi. Ke-12 nama muncul berdasarkan hasil penjaringan PSI dalam satu bulan terakhir.

“Totalnya semuanya ada 12 tokoh yang berhasil kami kumpulkan untuk menjadi wakil Pak Jokowi,” ungkap Toni ditemui wartawan di kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (25/3).

Adapun PSI menggunakan metode komunikasi intensif dengan masyarakat, ormas dan kader partai politik dari tingkat pusat hingga bawah soal cawapres pendamping Jokowi.

Raja Juli memastikan, ke-12 tokoh ini tergolong dikenal luas masyarakat. Bahkan, diyakininya, ke-12 nama tersebut memiliki tingkat elektabilitas yang baik untuk disandingkan dengan Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum PSI, Grace Natalie menyebut, penjaringan ke-12 nama hanya sebatas usulan. Keputusan akhir sosok yang dipilih sebagai cawapres, diserahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

“Pada dasarnya PSI serahkan kepada Pak Jokowi,” ungkap dia.