Sri Mulyani Bicara Pencegahan Pembiayaan Terorisme di Forum G20

Menteri Keuangan Sri Mulyani membahas soal terorisme di forum pertemuan Menteri Keuangan dan Gurbenur Bank Sentral G 20 di Argentina pada 19-20 Maret 2018. (foto: Facebook Sri Mulyani Indrawati)

INFONAWACITA.COM – Di acara pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Buenos Aires, Argentina, Menteri Keuangan Sri Mulyani membahas soal terorisme.

Hal ini ia jelaskan melalui akun facebooknya, Sri Mulyani Indrawati, pada Rabu (21/3/2018). Ia mengungkapkan jika enam topik yang dibahas pada pertemuan tersebut salah satunya ialah soal pencegahan pembiayaan aksi terorisme lintas negara.

Pertemuan yang berlangsung dari tanggal 19-20 Maret 2018 itu juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Wanita yang mendapatkan predikat menteri terbaik dunia ini menjelaskan jika kerja sama antarlintas negara untuk mencegah pembiayaan terorisme diwadahi melalui forum Anti Money Laundering and Financial Action Task Force (AML -FATF).

“Indonesia bekerja sama untuk memerangi kejahatan tersebut melalui KPK dan PPATK serta institusi penegak hukum (Kejaksaan dan Kepolisian RI),” tulis Sri Mulyani.

Peran Indonesia Sangat Penting

Ia mengungkapkan peranan Indonesia untuk ikut serta memperjuangkan kepentingan dan posisi Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya sangat penting. “Dengan demikian dalam menetapkan kebijakan dan aturan global, Indonesia tidak dirugikan,” imbuhnya.

Apalagi, kata Sri Mulyani, saat ini arus perubahan global demikian cepat baik di bidang perdagangan, keuangan, invetasi dan teknologi. Oleh karenanya, lanjut Sri Mulyani, Indonesia harus mampu memanfaatkan kesempatan global yang tercipta, namun harus pula terus waspada terhadap risiko global yang muncul.

“Kerja sama erat antarnegara diperlukan agar Indonesia dapat melindungi kepentingan nasional di bidang ekonomi, politik, hukum dan sosial di era global yang sangat menantang dan penuh ketidakpastian,” jelasnya.

Pertemuan tersebut  dihadiri oleh anggota G20 yang merupakan kelompok 20 negara-negara dengan ukuran ekonomi terbesar dan memiliki pengaruh sistemik bagi ekonomi dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam keanggotaan G20. (DS/yi)