Sri Mulyani: Selamat Bekerja Pak Perry Warjiyo

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan selamat atas disahkannya Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia melalui fit and proper test di Komisi XI DPR RI. Perry merupakan calon tunggal yang diusung Presiden Jokowi, menggantikan Agus Martowardojo.

“Saya juga mengucapkan selamat bekerja buat pak Perry,” ujar Sri Mulyani dalam diskusi Kebijakan Perpajakan dan Kondisi Ekonomi Terkini, Rabu (28/3/2018) malam.

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: 7 Strategi Calon Tunggal Gubernur BI Perry Warjiyo, Apa Saja?

Sri Mulyani siap bekerja sama dengan Perry Warjiyo, terlebih dia dinilai bukan orang baru sehingga akan lebih mudah bekerja sama. Tidak hanya dengan Kementerian Keuangan, namun juga dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpan (LPS) yang tergabung dalam Komite Kebijakan Sistem Keuangan atau disingkat KSSK. 

Menurut Sri Mulyani, pada wadah tersebut bertujuan untuk menciptakan dan memelihara stabilitas sistem keuangan agar stabil.

Baca Juga: Kisah Perry Warjiyo, Anak Petani yang Jadi Bos Bank Indonesia

Melansir situs BI, Perry Warjiyo telah menjabat sebagai Deputi Gubernur BI dengan masa periode 2013-2018. Pria kelahiran Sukaharjo, 25 Februari 1959 ini sebelum menjadi Deputi Gubernur, dia menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional di Bank Indonesia. Jabatan tersebut diemban setelah menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter, Bank Indonesia.

Pria yang merupakan lulusan Universitas Gajah Mada pada tahun 1982 dengan gelar Sarjana Ekonomi (SE) ini, pernah menduduki posisi penting selama dua tahun sebagai Direktur Eksekutif di International Monetary Fund, mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South-East Asia Voting Group.

Baca Juga: Perry Warjiyo: Saya Mengagumi Kepemimpinan Agus Marto

Perry tercatat memiliki karier yang panjang di Bank Indonesia sejak tahun 1984, khususnya di area riset ekonomi dan kebijakan moneter, isu-isu internasional, transformasi organisasi dan strategi kebijakan moneter, pendidikan dan riset kebanksentralan, pengelolaan devisa dan utang luar negeri, serta kepala Biro Gubernur.

Di sisi lain, Perry juga sebagai dosen Pasca Sarjana di Universitas Indonesia di bidang Ekonomi Moneter dan Ekonomi Keuangan Internasional, di samping sebagai dosen tamu di sejumlah universitas di Indonesia.

Gelar Master dan PhD di bidang Moneter dan Keuangan Internasional diperoleh dari Iowa State University, AS, masing-masing pada tahun 1989 dan 1991. Perry Warjiyo telah menulis dan mempublikasikan sejumlah buku, jurnal, dan makalah di bidang ekonomi, moneter, dan isu-isu internasional.

(kmj)