Tampil di Java Jazz, Sri Mulyani Cs Sumbang Honor untuk Pencipta Lagu

JAKARTA – Beberapa waktu lalu Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Elek Yo Band unjuk gigi di Java Jazz Festival 2018. Elek Yo Band satu panggung dengan musisi besar lainnya seperti Endah n Rhesa.

Tampil di acara besar, ternyata Elek Yo Band tidak menerima sepeserpun bayaran dari pihak penyelenggara. Dalam Akun Facebooknya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, bayaran tersebut disumbangkan kepada pencipta lagu yang dinyanyikan pada acara Java Jazz.

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: Gaya Sporty Sri Mulyani saat Olahraga

Berikut adalah kutipan Sri Mulyani dalam akun Facebooknya, Selasa (20/3/2018).

“Saya bersama dengan beberapa menteri Kabinet Kerja dan pejabat tinggi negara seperti: Budi Karya Sumadi, Hanif Dhakiri, Basuki Hadimulyono, Retno Marsudi, Teten Masduki, dan Triawan Munaf membuat kelompok musik yang bernama Elek Yo Band.

Pada 2 Maret 2018; group Elek Yo Band diminta untuk memeriahkan Java Jazz. Tujuannya adalah untuk meningkatkan apresiasi terhadap musik secara umum dan pada musik jazz secara khusus. Panitia yang menyediakan imbalan bagi mereka yang melakukan pertunjukan.

 

(Foto: Salah satu penerima santunan dari Elek Yo Band, sumber: Facebook Sri Mulyani)

Sesuai etika dan aturan jabatan publik – kami tidak menerima imbalan tersebut – dan diputuskan untuk disumbangkan kepada pencipta lagu yang kami nyanyikan pada acara Java Jazz.

Santunan dari Elek Yo Ben telah diterima oleh ahli waris dari Ismail Marzuki, yaitu anaknya yang bernama Rahmi Aziah beralamat di Depok. Ismail Marzuki adalah pencipta lagu Juwita Malam. Santunan juga diberikan kepada penulis/pencipta lagu “Bento”, yang bernama Nunil Choestoel Yakin.

Lagu-lagu mereka telah melengkapi dunia seni di Indonesia. Kita harus mengapresiasi karya seni anak bangsa.”

Baca Juga: Pantun Pujian Ketua DPR ke Sri Mulyani, ‘Hanya Satu yang Memikat Hati’

Sekadar mengingatkan, pada Java Jazz Festival 2018, Elek Yo Band menyanyikan Ku Tak Bisa milik Slank, yang disusul dengan Juwita Malam karya Ismail Marzuki bersama dengan Endah N Rhesa. Kelompok musik para menteri itu sedianya mengakhiri penampilan setelah lagu Juwita Malam. Akan tetapi, penonton meminta lebih.

Elek Yo Band menutup penampilan dengan lagu Bento yang dipopulerkan oleh Iwan Fals. Tepuk tangan kembali membahana di Hall B1 Jakarta International Expo Kemayoran usai para menteri itu tampil.

(kmj)