CORONG.ID – Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara, Asri Damuna, saat ini dibebastugaskan oleh Kementerian Perhubungan.

Pembebastugasan ini dilakukan guna memudahkan penyelidikan lebih lanjut terkait video Asri Damuna yang sedang viral, lantaran mengajak seorang YouTuber perempuan asal Korea Selatan bernama Jiah ke hotel tempat Asri menginap di Manado, Sulawesi Utara, baru-baru ini.

“Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, sebagaimana dikutip dari laman Kemenhub, Jumat (10/5/2024).

Menurut Adita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah.

Baca Juga:  6 Cara Mudah Mengobat Sakit Ginjal Secara Alami

Untuk itu, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.

“Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut,” kata Adita.

Bertemu di Restoran

Asri Damuna mengaku berkunjung bersama rekannya ke Manado dalam keperluan bisnis. Sementara Jiah sedang berlibur (travelling).

Di saat sedang berada di sebuah restoran, Asri bersama rekannya bertemu dengan Jiah. Mereka pun bertegur sapa, lalu bergabung satu meja makan.

Saat berkenalan, Asri mengaku bernama Albert dan rekannya bernama Alex. Dalam obrolan itu, Asri juga sempat mengajak Jiah mampir ke hotel tempatnya menginap.

“Mampir ke hotel aku boleh?” tanya Asri ke Jiah.

Baca Juga:  Khasiat Tanaman Lenglengan Untuk Mengatasi Masalah Cacingan

Namun ajakan itu ditolak karena Jiah tidak lama lagi akan berangkat ke Pulau Bunaken untuk berwisata.

“Tapi jam 2 perahu (akan berangkat) ke Bunaken,” kata Jiah dalam obrolan itu.

Video ajakan pria berkepala plontos ke hotel tersebut pun viral di media sosial. Tanpa disangka, pria tersebut adalah salah satu pejabat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bantah tak ada niat menggoda

Terkait hal tersebut, Asri pun mengaku tak ada niat menggoda. Ia mengajak YouTuber Korsel tersebut hanya maksud beramah tamah.

Asri mengatakan masalah ajakan main ke hotel itu karena berawal dari percakapan YouTuber tersebut terlebih dulu.

“Pada intinya, masalah ajakan itu karena dari dia memulai, dia memulai abang nginap di mana? (Saya jawab) sebelah situ di hotel, kalau mau mampir silakan mampir,” kata Asri menjelaskan maksud perkataannya kepada tvOne di acara “Apa Kabar Indonesia Siang,” Jumat (10/5/2024).

Baca Juga:  Khasiat Tanaman Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh

Namun pernyataan Asri Damuna alias Albert tersebut, berbanding terbalik dengan rekaman video yang diupload Jiah di akun YouTubenya. (*)